Value perusahaan
adalah nilai-nilai yang menjadi guideline bagi karyawan perusahaan dalam
berperilaku. Selain itu, hal ini juga menjadi identitas perusahaan sekaligus
motivasi karyawan dalam menjalankan pekerjaannya.
Mengapa Value
Perusahaan Penting
Seperti yang kita
ketahui, nilai perusahaan akan menentukan tujuan bersama. Perusahaan yang
memiliki value dapat menyatukan kinerja masing-masing tim dan mengarahkan
mereka menuju goal yang sama. Perusahaan dengan value baik memiliki banyak
manfaat positif, antara lain:
1. Meningkatkan
Loyalitas Karyawan
Mengadopsi
prinsip-prinsip yang jelas ke dalam budaya perusahaan akan membantu
mempertahankan karyawan-karyawan terbaik. Bagaimana caranya?
Misalnya, jika Anda
ditanya apakah Anda ingin bertahan di perusahaan yang tidak punya visi atau
pindah ke perusahaan berkembang dan memiliki prinsip inti, bagaimana tanggapan
Anda?
Tentu saja Anda
akan mengambil pilihan kedua, bukan? Mengadopsi nilai bisnis yang jelas dan
positif sejak awal akan meningkatkan stabilitas organisasi. Stabilitas akan
menciptakan kebahagiaan dan menginspirasi setiap karyawan untuk bekerja secara
kolaboratif menuju produktivitas yang lebih baik.
2. Identitas
Perusahaan
Saat membahas
identitas atau branding suatu perusahaan, hal ini tidak terbatas pada logo dan
tagline yang digunakan pada produk dan layanannya.
Dalam situasi ini,
value perusahaan dapat menciptakan identitas merek yang kuat dengan
memperkenalkan tujuan perusahaan dan menumbuhkan citra positif baik internal
maupun eksternal.
Secara internal,
karyawan akan merasa lebih termotivasi jika perusahaan memiliki brand yang
positif, dan secara eksternal akan lebih mudah untuk menjalin kerjasama dengan
bisnis lain.
3. Kepuasan
Pelanggan
Agar perusahaan
Anda terus berkembang, Anda harus memastikan bahwa klien Anda sangat puas.
Sebagai bagian dari company value, sejumlah bisnis menyediakan layanan
pelanggan dengan kualitas terbaik.
Hal ini diwujudkan
karena value perusahaan tersebut mendorong setiap lini untuk mencapai tujuan
mereka secara efektif berkembang secara stabil.
Pada akhirnya,
setiap karyawan akan membawa dan mencerminkan tujuan tersebut kepada konsumen
dan mampu memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, sehingga menghasilkan
kepuasan pelanggan.
4. Ekspansi dan
Stabilitas Ekonomi
Pertumbuhan dan
stabilitas bisnis dipengaruhi secara signifikan oleh company value. Ketika
semua orang menyadari tujuan utama perusahaan, seperti yang diungkapkan dalam
core values, proses kerja menjadi lebih efisien.
Kebanyakan
perusahaan yang memiliki tujuan yang mudah diterapkan dan dipahami telah
menikmati pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang tidak
terlalu fokus pada tujuan dan nilai-nilai.
Ketika karyawan
memiliki rasa memiliki terhadap perusahaan, mereka lebih terdorong untuk
berpartisipasi dalam berbagai aktivitas di tempat kerja. Ekspansi dan
stabilitas ekonomi pun ikut naik seiring dengan peningkatan keterlibatan
karyawan.
Manfaat Value Perusahaan
Value perusahaan
adalah prinsip atau standar panduan untuk menjalankan bisnis. Nilai ini
menggambarkan inti perusahaan Anda, berpengaruh pada budaya perusahaan, dan
memandu jalannya operasional.
Meskipun tujuan dan
strategi perusahaan dapat berubah, value yang penting biasanya tidak akan
berubah. Value yang positif memungkinkan perusahaan untuk tumbuh dan berkembang
tanpa melupakan esensi penting.
Manfaat value
perusahaan adalah:
1. Membantu Tim
dalam Pengambilan Keputusan
Value yang baik
membantu staf Anda membentuk setiap keputusan yang mereka buat di tempat kerja,
yang mana setiap proyek atau tindakan harus lulus ujian nilai. Anggota tim akan
lebih memahami pekerjaan dan misi bersama jika Anda memiliki value yang jelas.
2. Menyatukan
Banyak Kepala
Adanya value
bersama memudahkan banyak individu untuk mengkomunikasikan tujuan yang lebih
luas. Hal ini akan membantu dalam meningkatkan kebersamaan tim, mengurangi
pemborosan dan keputusan yang tidak efektif, serta meningkatkan kinerja.
Tim yang tidak
mengimplementasikan company value akan sulit berkomunikasi secara konsisten,
akibatnya akan muncul kebingungan dan keresahan. Maka dari itu, buatlah company
value yang jelas, komunikasikan secara konsisten, dan selaraskan pola pikir
karyawan.
3. Meningkatkan
Motivasi
Perusahaan dengan
misi dan value yang jelas akan memiliki engagement dan lebih termotivasi.
Ketika Anda memahami value dengan baik, Anda dapat menentukan tindakan mana
yang harus diprioritaskan. Anda akan merasa lebih percaya diri dan terinspirasi
untuk bekerja guna mencapai tujuan bersama dalam lingkungan yang nyaman.
4.
Mengkomunikasikan Prinsip Kepada Pelanggan
Pelanggan memilih
brand atau perusahaan yang mau membagikan value-nya karena prinsip inti
perusahaan adalah dapat membantu mengedukasi pelanggan tentang misinya.
Pelanggan tidak
hanya mengasosiasikan diri mereka dengan perusahaan Anda, tetapi juga dengan
tujuan dan visi Anda. Setelah mereka memahami prinsip perusahaan, pelanggan
kemungkinan besar akan lebih setia dan tidak segan menyebarkan berita tentang
perusahaan Anda dan value-nya.
5. Membantu Mencari
Tim yang Kompeten
Karyawan baru akan
tertarik dengan perusahaan Anda jika memiliki prinsip yang jelas untuk jangka
panjang. Semua value dasar ini memainkan peran penting dalam menarik, merekrut,
dan mempertahankan karyawan yang cocok untuk berkembang dalam industri Anda.
Cara Membentuk Value Perusahaan
Tidak ada kata terlambat
untuk menetapkan company value. Mengidentifikasinya lebih sulit dibandingkan
mendeskripsikan produk atau layanan yang ditawarkan. Tentunya karena value
perusahaan adalah sesuatu yang tidak berwujud.
Perlu adanya
tindakan dan strategi yang sesuai untuk menciptakan company value. Berikut ini
adalah langkah-langkahnya:
1. Tentukan Aktor
Utama
Anda dapat memilih
aktor utama di perusahaan, bisa seorang individu atau tim. Orang ini akan
mengawasi seluruh proses pembentukan value. Kemudian, Anda harus sepakat untuk
saling berkomitmen, menjunjung tinggi prinsip akuntabilitas, dan tetap fokus
pada prinsip dasar perusahaan.
2. Ajak Setiap
Karyawan untuk Ikut Berpartisipasi
Selain karyawan,
libatkan para pemimpin untuk ikut merancang nilai-nilai perusahaan. Diskusikan
nilai-nilai apa yang paling mereka pegang teguh, bagaimana setiap tingkat staf
dapat berkolaborasi, serta nilai apa yang harus dihasilkan.
3. Tumbuhkan
Motivasi
Anda dapat melihat
referensi dari perusahaan lain, khususnya bisnis yang berada di industri yang
sama. Anda dapat mengambil kesempatan untuk mencari tahu apa saja value utama
perusahaan mereka. Periksa deskripsi perusahaan secara mendalam dan identifikasi
kesamaan yang dapat dikaitkan dengan perusahaan Anda.
4. Siap Menerima
Masukan
Cara membentuk
value perusahaan berikutnya yaitu siap menerima masukan. Setelah Anda berhasil
menetapkan nilai-nilai yang cocok, Anda dapat melakukan survei terhadap semua
karyawan perusahaan dan meminta umpan balik tentang draf tersebut.
5. Komunikasikan
dengan Jelas
Luangkan waktu
untuk mengkomunikasikan prinsip utama perusahaan Anda dengan cara yang jelas
dan lugas kepada seluruh karyawan. Perlu diketahui bahwa prosedur pada level
ini mungkin memakan waktu cukup lama sampai semua karyawan akhirnya
memahaminya.
6. Ciptakan Budaya
Perusahaan
Proses pembentukan
value tidak berakhir pada tahap sosialisasi saja. Anda harus memverifikasi
bahwa setiap proses dalam organisasi selaras dengan nilai yang telah
ditetapkan.
Anda dapat
membangun budaya perusahaan baru untuk memastikan semua orang mengingat kembali
apa saja value perusahaan. Bisa dalam bentuk kegiatan bersama atau permainan di
tempat kerja untuk menarik semangat karyawan.
Itulah hal-hal yang
perlu Anda ketahui mengenai value perusahaan. Sebagai tahapan mewujudkan
perusahaan yang mampu bersaing, Anda harus memiliki tim yang kompeten. Tak usah
khawatir, Anda bisa merekrut calon karyawan terbaik di KitaLulus. Prosesnya
mudah dan cepat, bahkan Anda bisa mendapatkan kandidat dalam hitungan hari.
Contoh Perusahaan Yang Sukses Menerapkan Employer Value
Proposition
1) HubSpot
HubSpot adalah
perusahaan pengembang dan pemasar produk perangkat lunak asal Amerika Serikat.
Perusahaan telah
menghabiskan waktu dan sumber daya yang signifikan untuk mengembangkan dan
memasarkan employer value proposition. Tagline perusahaan adalah work and life
should fit together.
Manfaat yang
diberikan oleh perusahaan melalui nilai proposisi antara lain:
Waktu liburan tanpa
batas
Opsi pembelian
saham dengan diskon sebesar 15 persen
Cuti berbayar
selama empat minggu dengan bonus USD5 ribu setelah lima tahun bekerja
Mengembangkan
keterampilan kepemimpinan dan kemajuan karyawan
Model kerja hybrid
yang memungkinkan karyawan bekerja di rumah, kantor, atau kombinasi keduanya
2) PwC
PwC atau
PricewaterhouseCoopers ialah perusahaan konsultan global besar, yang memiliki
klien di seluruh dunia.
Melalui nilai
proposisi, PwC memberikan karyawan berupa:
Tunjangan
transportasi, termasuk parkir
Program student
loan hingga USD1,200 setahun
Memberikan
penghargaan dan bonus berdasarkan kinerja
Program kursus
certified public accountant
Fleksibilitas kerja
dan memberikan waktu istirahat tambahan
3) Netflix
Layanan streaming
Netflix telah lama mengembangkan Employer Value Proposition yang khas dan unik.
Perusahaan juga mengembangkan budaya organisasi, berdasarkan filosofi inti
people over process.
Saat ini, Netflix
mempertahankan nilai proposisi yang menarik antara lain:
Taking care of
yourself: cuti orang tua, waktu liburan tidak terbatas, tidak ada persyaratan
jam kerja yang ketat, dan tunjangan fertility, surrogacy, atau adopsi
Keuangan: program
opsi saham fleksibel dan membayar di atas harga pasar
Convenience to do
your best work: biaya perjalanan, kerja fleksibel, dan relokasi
Mendorong karyawan
untuk mengambil keputusan secara independen
Pertahankan
karyawan yang sangat efektif, berbagi informasi secara terbuka, dan
mengutamakan kejujuran
4) LinkedIn
LinkedIn, platform
media sosial kalangan profesional, memiliki nilai proposisi yang kuat dan
sukses. Perusahaan telah memperoleh Best Places to Work 2022 Employees’ Choice
Awards dari Glassdoor.
Hal itu tak lepas
dari nilai proposisi yang fokus pada:
Kepemimpinan yang
transparan
Memberikan benefit
besar
Tempat kerja yang
fleksibel
Dan penekanan pada keragaman
dan inklusi
Selain itu,
perusahaan juga memiliki corporate culture dengan prinsip transformasi,
integritas, kolaborasi, humor, dan hasil. Budaya ini bertujuan menyatukan
karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan.
5) Too Good To Go
Too Good To Go
adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membeli kelebihan makanan dari
restoran dan gerai. Misi perusahaan yakni mencegah pemborosan makanan.
Employer value
proposition mereka pun menyisipkan tentang kepedulian lingkungan dan
manfaatnya, yaitu:
Mendorong karyawan
bersemangat mengurangi limbah makanan
Pengembangan
karyawan melalui pelatihan dan konferensi
Kerja fleksibel
Membentuk tim
sosial
Pemberian vocer
perusahaan
Kesuksesan employer
value proposition dapat terlihat dari reputasi perusahaan yang semakin
meningkat, baik secara internal –retensi karyawan– maupun eksternal –rekrutmen kandidat–.
Namun, pastikan
nilai tersebut relevan dan mencerminkan perusahaan di setiap tahap perjalanan
karyawan, mulai dari rekrutmen, motivasi, keterlibatan, hingga retensi.