icon

Selamat Malam

Selamat Datang
Menyala, Meningkat Kinerja Menggapai ASA
Value

Value perusahaan adalah nilai-nilai yang menjadi guideline bagi karyawan perusahaan dalam berperilaku. Selain itu, hal ini juga menjadi identitas perusahaan sekaligus motivasi karyawan dalam menjalankan pekerjaannya.

 

Mengapa Value Perusahaan Penting

Seperti yang kita ketahui, nilai perusahaan akan menentukan tujuan bersama. Perusahaan yang memiliki value dapat menyatukan kinerja masing-masing tim dan mengarahkan mereka menuju goal yang sama. Perusahaan dengan value baik memiliki banyak manfaat positif, antara lain:

 

1. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Mengadopsi prinsip-prinsip yang jelas ke dalam budaya perusahaan akan membantu mempertahankan karyawan-karyawan terbaik. Bagaimana caranya?

Misalnya, jika Anda ditanya apakah Anda ingin bertahan di perusahaan yang tidak punya visi atau pindah ke perusahaan berkembang dan memiliki prinsip inti, bagaimana tanggapan Anda?

Tentu saja Anda akan mengambil pilihan kedua, bukan? Mengadopsi nilai bisnis yang jelas dan positif sejak awal akan meningkatkan stabilitas organisasi. Stabilitas akan menciptakan kebahagiaan dan menginspirasi setiap karyawan untuk bekerja secara kolaboratif menuju produktivitas yang lebih baik.

2. Identitas Perusahaan

Saat membahas identitas atau branding suatu perusahaan, hal ini tidak terbatas pada logo dan tagline yang digunakan pada produk dan layanannya.

Dalam situasi ini, value perusahaan dapat menciptakan identitas merek yang kuat dengan memperkenalkan tujuan perusahaan dan menumbuhkan citra positif baik internal maupun eksternal.

Secara internal, karyawan akan merasa lebih termotivasi jika perusahaan memiliki brand yang positif, dan secara eksternal akan lebih mudah untuk menjalin kerjasama dengan bisnis lain.

3. Kepuasan Pelanggan

Agar perusahaan Anda terus berkembang, Anda harus memastikan bahwa klien Anda sangat puas. Sebagai bagian dari company value, sejumlah bisnis menyediakan layanan pelanggan dengan kualitas terbaik.

Hal ini diwujudkan karena value perusahaan tersebut mendorong setiap lini untuk mencapai tujuan mereka secara efektif berkembang secara stabil.

Pada akhirnya, setiap karyawan akan membawa dan mencerminkan tujuan tersebut kepada konsumen dan mampu memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, sehingga menghasilkan kepuasan pelanggan.

4. Ekspansi dan Stabilitas Ekonomi

Pertumbuhan dan stabilitas bisnis dipengaruhi secara signifikan oleh company value. Ketika semua orang menyadari tujuan utama perusahaan, seperti yang diungkapkan dalam core values, proses kerja menjadi lebih efisien.

Kebanyakan perusahaan yang memiliki tujuan yang mudah diterapkan dan dipahami telah menikmati pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang tidak terlalu fokus pada tujuan dan nilai-nilai.

Ketika karyawan memiliki rasa memiliki terhadap perusahaan, mereka lebih terdorong untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas di tempat kerja. Ekspansi dan stabilitas ekonomi pun ikut naik seiring dengan peningkatan keterlibatan karyawan.

 

Manfaat Value Perusahaan

Value perusahaan adalah prinsip atau standar panduan untuk menjalankan bisnis. Nilai ini menggambarkan inti perusahaan Anda, berpengaruh pada budaya perusahaan, dan memandu jalannya operasional.

Meskipun tujuan dan strategi perusahaan dapat berubah, value yang penting biasanya tidak akan berubah. Value yang positif memungkinkan perusahaan untuk tumbuh dan berkembang tanpa melupakan esensi penting.

Manfaat value perusahaan adalah:

1. Membantu Tim dalam Pengambilan Keputusan

Value yang baik membantu staf Anda membentuk setiap keputusan yang mereka buat di tempat kerja, yang mana setiap proyek atau tindakan harus lulus ujian nilai. Anggota tim akan lebih memahami pekerjaan dan misi bersama jika Anda memiliki value yang jelas.

2. Menyatukan Banyak Kepala

Adanya value bersama memudahkan banyak individu untuk mengkomunikasikan tujuan yang lebih luas. Hal ini akan membantu dalam meningkatkan kebersamaan tim, mengurangi pemborosan dan keputusan yang tidak efektif, serta meningkatkan kinerja.

Tim yang tidak mengimplementasikan company value akan sulit berkomunikasi secara konsisten, akibatnya akan muncul kebingungan dan keresahan. Maka dari itu, buatlah company value yang jelas, komunikasikan secara konsisten, dan selaraskan pola pikir karyawan.

3. Meningkatkan Motivasi

Perusahaan dengan misi dan value yang jelas akan memiliki engagement dan lebih termotivasi. Ketika Anda memahami value dengan baik, Anda dapat menentukan tindakan mana yang harus diprioritaskan. Anda akan merasa lebih percaya diri dan terinspirasi untuk bekerja guna mencapai tujuan bersama dalam lingkungan yang nyaman.

4. Mengkomunikasikan Prinsip Kepada Pelanggan

Pelanggan memilih brand atau perusahaan yang mau membagikan value-nya karena prinsip inti perusahaan adalah dapat membantu mengedukasi pelanggan tentang misinya.

Pelanggan tidak hanya mengasosiasikan diri mereka dengan perusahaan Anda, tetapi juga dengan tujuan dan visi Anda. Setelah mereka memahami prinsip perusahaan, pelanggan kemungkinan besar akan lebih setia dan tidak segan menyebarkan berita tentang perusahaan Anda dan value-nya.

5. Membantu Mencari Tim yang Kompeten

Karyawan baru akan tertarik dengan perusahaan Anda jika memiliki prinsip yang jelas untuk jangka panjang. Semua value dasar ini memainkan peran penting dalam menarik, merekrut, dan mempertahankan karyawan yang cocok untuk berkembang dalam industri Anda.

 

Cara Membentuk Value Perusahaan

Tidak ada kata terlambat untuk menetapkan company value. Mengidentifikasinya lebih sulit dibandingkan mendeskripsikan produk atau layanan yang ditawarkan. Tentunya karena value perusahaan adalah sesuatu yang tidak berwujud.

 

Perlu adanya tindakan dan strategi yang sesuai untuk menciptakan company value. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

 

1. Tentukan Aktor Utama

Anda dapat memilih aktor utama di perusahaan, bisa seorang individu atau tim. Orang ini akan mengawasi seluruh proses pembentukan value. Kemudian, Anda harus sepakat untuk saling berkomitmen, menjunjung tinggi prinsip akuntabilitas, dan tetap fokus pada prinsip dasar perusahaan.

2. Ajak Setiap Karyawan untuk Ikut Berpartisipasi

Selain karyawan, libatkan para pemimpin untuk ikut merancang nilai-nilai perusahaan. Diskusikan nilai-nilai apa yang paling mereka pegang teguh, bagaimana setiap tingkat staf dapat berkolaborasi, serta nilai apa yang harus dihasilkan.

3. Tumbuhkan Motivasi

Anda dapat melihat referensi dari perusahaan lain, khususnya bisnis yang berada di industri yang sama. Anda dapat mengambil kesempatan untuk mencari tahu apa saja value utama perusahaan mereka. Periksa deskripsi perusahaan secara mendalam dan identifikasi kesamaan yang dapat dikaitkan dengan perusahaan Anda.

4. Siap Menerima Masukan

Cara membentuk value perusahaan berikutnya yaitu siap menerima masukan. Setelah Anda berhasil menetapkan nilai-nilai yang cocok, Anda dapat melakukan survei terhadap semua karyawan perusahaan dan meminta umpan balik tentang draf tersebut.

5. Komunikasikan dengan Jelas

Luangkan waktu untuk mengkomunikasikan prinsip utama perusahaan Anda dengan cara yang jelas dan lugas kepada seluruh karyawan. Perlu diketahui bahwa prosedur pada level ini mungkin memakan waktu cukup lama sampai semua karyawan akhirnya memahaminya.

6. Ciptakan Budaya Perusahaan

Proses pembentukan value tidak berakhir pada tahap sosialisasi saja. Anda harus memverifikasi bahwa setiap proses dalam organisasi selaras dengan nilai yang telah ditetapkan.

Anda dapat membangun budaya perusahaan baru untuk memastikan semua orang mengingat kembali apa saja value perusahaan. Bisa dalam bentuk kegiatan bersama atau permainan di tempat kerja untuk menarik semangat karyawan.

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai value perusahaan. Sebagai tahapan mewujudkan perusahaan yang mampu bersaing, Anda harus memiliki tim yang kompeten. Tak usah khawatir, Anda bisa merekrut calon karyawan terbaik di KitaLulus. Prosesnya mudah dan cepat, bahkan Anda bisa mendapatkan kandidat dalam hitungan hari.

 

Contoh Perusahaan Yang Sukses Menerapkan Employer Value Proposition

1) HubSpot

HubSpot adalah perusahaan pengembang dan pemasar produk perangkat lunak asal Amerika Serikat.

Perusahaan telah menghabiskan waktu dan sumber daya yang signifikan untuk mengembangkan dan memasarkan employer value proposition. Tagline perusahaan adalah work and life should fit together.

Manfaat yang diberikan oleh perusahaan melalui nilai proposisi antara lain:

Waktu liburan tanpa batas

Opsi pembelian saham dengan diskon sebesar 15 persen

Cuti berbayar selama empat minggu dengan bonus USD5 ribu setelah lima tahun bekerja

Mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kemajuan karyawan

Model kerja hybrid yang memungkinkan karyawan bekerja di rumah, kantor, atau kombinasi keduanya

2) PwC

PwC atau PricewaterhouseCoopers ialah perusahaan konsultan global besar, yang memiliki klien di seluruh dunia.

Melalui nilai proposisi, PwC memberikan karyawan berupa:

Tunjangan transportasi, termasuk parkir

Program student loan hingga USD1,200 setahun

Memberikan penghargaan dan bonus berdasarkan kinerja

Program kursus certified public accountant

Fleksibilitas kerja dan memberikan waktu istirahat tambahan

3) Netflix

Layanan streaming Netflix telah lama mengembangkan Employer Value Proposition yang khas dan unik. Perusahaan juga mengembangkan budaya organisasi, berdasarkan filosofi inti people over process.

Saat ini, Netflix mempertahankan nilai proposisi yang menarik antara lain:

Taking care of yourself: cuti orang tua, waktu liburan tidak terbatas, tidak ada persyaratan jam kerja yang ketat, dan tunjangan fertility, surrogacy, atau adopsi

Keuangan: program opsi saham fleksibel dan membayar di atas harga pasar

Convenience to do your best work: biaya perjalanan, kerja fleksibel, dan relokasi

Mendorong karyawan untuk mengambil keputusan secara independen

Pertahankan karyawan yang sangat efektif, berbagi informasi secara terbuka, dan mengutamakan kejujuran

4) LinkedIn

LinkedIn, platform media sosial kalangan profesional, memiliki nilai proposisi yang kuat dan sukses. Perusahaan telah memperoleh Best Places to Work 2022 Employees’ Choice Awards dari Glassdoor.

Hal itu tak lepas dari nilai proposisi yang fokus pada:

Kepemimpinan yang transparan

Memberikan benefit besar

Tempat kerja yang fleksibel

Dan penekanan pada keragaman dan inklusi

Selain itu, perusahaan juga memiliki corporate culture dengan prinsip transformasi, integritas, kolaborasi, humor, dan hasil. Budaya ini bertujuan menyatukan karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan.

5) Too Good To Go

Too Good To Go adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membeli kelebihan makanan dari restoran dan gerai. Misi perusahaan yakni mencegah pemborosan makanan.

Employer value proposition mereka pun menyisipkan tentang kepedulian lingkungan dan manfaatnya, yaitu:

Mendorong karyawan bersemangat mengurangi limbah makanan

Pengembangan karyawan melalui pelatihan dan konferensi

Kerja fleksibel

Membentuk tim sosial

Pemberian vocer perusahaan

Kesuksesan employer value proposition dapat terlihat dari reputasi perusahaan yang semakin meningkat, baik secara internal –retensi karyawan– maupun eksternal  –rekrutmen kandidat–.

Namun, pastikan nilai tersebut relevan dan mencerminkan perusahaan di setiap tahap perjalanan karyawan, mulai dari rekrutmen, motivasi, keterlibatan, hingga retensi.